Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 2 Bungoro Kabupaten Pangkep

Authors

  • Satriani Satriani
  • Muh. Tahir Malik
  • Muammar Bakry

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Guru Pendidikan Agama Islam, menganalisis peningkatkan akhlak peserta didik dan menganalisis strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Untuk analisis digunakan teknik analisis data yang terdiri dari kegiatan reduksi data dan display data. Penelitian dilakukan melalui analisis dan tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan observasi, sehingga diperoleh informasi antara teori dan fakta yang ada di lapangan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Bungoro Kabupaten Pangkep. Secara Konseptual, Penelitian ini menemukan bahwa: strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak untuk peserta didik di SMP Negeri 2 Bungoro Kabupaten Pangkep, ada tiga strategi yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam. Adapun tiga strategi tersebut adalah:1). Strategi Pembelajaran Ekspositori, 2). Strategi Pembelajaran Inkuiri, 3). Strategi Pembelajaran Kontekstual. SMP Negeri 2 Bungoro Kabupaten Pangkep guru PAI sudah melaksanakan dalam hal ini yaitu mengembangkan pendidikan kepribadian kepada peserta didik, ada enam pendidikan kepribadian yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan pendidikan kepribadian itu, kepribadian itu diantarnya yaitu: Religius, Disiplin, Peduli Lingkungan, dan Tanggung Jawab. Strategi penanaman kepribadian toleransi yang dilakukan oleh guru PAI sudah bisa dikatakan baik, karena memberikan atau mengingatkan kepada peserta didik untuk saling menghormati antar sesama peserta didik walaupun mereka berasal dari keluarga yang berlainan agama.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles