Manajemen Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Erni Tamrin
  • Muh. Wajedi Ma’ruf
  • Muh. Alqadri Burga

Abstract

Penelitian ini membahas tentang (1) Bagaimana manajemen guru PAI di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang? (2) Bagaimana meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang? (3) Bagaimana manajemen guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang

Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumen. Peneliti telah mewawancarai kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan peserta didik.

Hasil Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Manajemen guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki beberapa karakteristik yang konsisten. Pertama, dalam perencanaan pembelajaran, guru PAI cenderung mengintegrasikan kurikulum nasional dengan pendekatan lokal. Kedua, dalam pengorganisasian pembelajaran, guru PAI secara sistematis mengelola waktu, ruang, dan sumber daya agar pembelajaran efektif. Ketiga, guru PAI memanfaatkan metode yang interaktif dan inklusif untuk memfasilitasi pemahaman konsep agama. Terakhir, dalam evaluasi pembelajaran, guru PAI menggunakan beragam teknik penilaian formatif dan sumatif. (2) Meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTS DDI Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang menunjukkan beberapa bentuk yang sangat membanggakan. Pertama, konten pembelajaran yang disajikan sangat relevan dengan kebutuhan siswa dan mempertimbangkan perkembangan zaman. Kedua, tujuan pembelajaran yang jelas membuat siswa memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang mereka pelajari. Selanjutnya, metode pembelajaran yang bervariasi membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dengan cara yang menarik dan beragam. Terakhir, pendekatan pembelajaran yang aktif dan kolaboratif melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif. (3) Manajemen yang terencana dan efektif yang dilakukan oleh guru PAI mampu secara signifikan meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan penerapan manajemen yang baik, guru PAI mampu mengelola waktu pembelajaran secara efisien, memberikan materi yang lebih terstruktur dan bervariasi, serta menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles